Senin, 09 April 2012

Polusi Udara dan Kehidupan Anda

Pencemaran udara disebabkan oleh bahan-kimia, partikel atau komponen biologi yang menciptakan efek berbahaya dalam atmosfir. Atmosfir alami terdiri atas sistem berupa gas aktif yang kompleks, yang sangat berpengaruh pada kehidupan di muka bumi ini. Terdapat beberapa efek berbahaya yang timbul akibat polusi udara termasuk diantaranya permasalahan pernapasan, emisi buang dari kendaraan bermotor, karbon dioksida, penipisan lapisan ozon dan lain-lain. Permasalahan ini telah menjadi satu perhatian serius di seluruh dunia.
Penyebab dari pencemaran udara. Terdapat berbagai macam sebab pencemaran udara yang berbahaya bagi kesehatan binatang, tanaman, manusia dan juga mempengaruhi benda mati seperti besi/baja, bangunan dan lain-lain. Penyebab pencemaran udara secara luas dapat digolongkan pada digolongkan menjadi polutan primer yang menyebabkan efek berbahaya secara langsung dan polutan sekunder yang timbul dari reaksi antara polutan. Beberapa bentuk polutan primer yang secara umum diciptakan oleh aktivitas manusia adalah Sulfur Oksida, Karbon monoksida, Karbon dioksida, bahan organik yang mudah menguap, bau yang disebabkan oleh tumpukan sampah dan Limbah pabrik. Bentuk polutan sekunder dapat kita temui pada efek hujan asam yang terjadi karena reaksi kimia antara polutan yang ada di udara.
Terdapat berbagai sumber pencemaran udara termasuk asap yang dikeluarkan oleh pembangkit tenaga listrik, pembakaran sampah, pesawat terbang, mobil, motor, kapal laut dan tungku perapian. Sumber lain seperti dari pabrik penyulingan minyak, limbah kimia dari pertanian, uap dari cat dan pernis adalah juga berpotensi sebagai sumber pencemaran udara. Aksi militer menggunakan senjata nuklir, gas berbahaya dan peperangan biologi adalah juga sumber polusi udara. Material alamiah juga berperan untuk efek berbahaya dari pencemaran udara seperti partikel dari letusan vulkanis, asap kebakaran hutan dan debu pada tumbuh-tumbuhan.
Efek dari pencemaran udara. Pencemaran udara adalah salah satu masalah yang harus diperhatikan secara serius, terutama ketika hal itu terkait dengan kesehatan anda. Masalah mengerikan ini dapat menjadi lebih buruk setiap hari karena sumber untuk pencemaran udara adalah hal yang kita lakukan setiap hari, seperti pekerjaan di pabrik atau berkendara menuju tempat kerja. Jika polusi terus berlanjut sebagaimana saat ini kita akan melihat permasalahan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh, bahkan hal ini berlanjut untuk generasi berikutnya. Pencemaran udara bisa menyebabkan penyakit pernapasan hingga kematian. Data yang dikumpulkan dari seluruh dunia pada kematian yang disebabkan efek berbahaya dari pencemaran udara telah mencapai lebih dari 4.6 juta jiwa . Kebanyakan dihubungkan dengan polusi yang disebabkan oleh paparan emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Eksposur langsung terhadap udara yang tercemar dapat menimbulkan penyakit asma, bronkitis, penyakit paru-paru, penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan penyakit jantung. Uap air dari industri juga dapat membahayakan tubuh manusia.
Langkah untuk memelihara udara yang bersih. Adalah suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk menciptakan upaya-upaya untuk menghentikan kecenderungan meningkatnya tingkat polusi udara. Upaya ini dapat meliputi pengujian dan standar penerimaan untuk emisi gas buang kendaraan, juga langkah-langkah untuk mengontrol emisi pancaran berbahaya dari pesawat terbang dan kapal, menggunakan sumber daya energi yang dapat diperbaharui (renewable) sebagai pengganti sumber daya yang tidak dapat diperbaharui (mis. Bahan bakar minyak, batubara). Kita juga biasanya menganggap pabrik-pabrik besar sebagai sumber polusi terburuk, nyatanya sumber polusi yang juga sangat buruk adalah kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan kendaraan bermotor dalam kegiatan sehari-harinya ada baiknya untuk sesekali berhenti misalnya ketika tujuan kita hanya 100-300 meter jauhnya lebih baik kita berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan bermotor. Hal kecil seperti ini jika dilakukan oleh setiap orang akan berpengaruh secara drastis dalam mengurangi jumlah polusi yang kita sumbangkan pada udara kita setiap hari.
Semua orang pastinya mendambakan bisa menghirup udara yang bebas polusi dan membuang semua efek buruk udara yang disebabkan oleh polusi. Dan jika kita ingin ini terjadi suatu hari nanti, kita harus bekerjasama menjadikan udara kita sedikit lebih bersih setiap hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar