Senin, 09 April 2012

Bagaimana Polusi Udara mempengaruhi lingkungan kita?

Polusi udara memberikan ancaman lingkungan yang sangat besar di berbagai belahan dunia. Polusi udara meliputi berbagai bahan-kimia dan gas berbahaya yang dihasilkan dari kendaraan-kendaraan kita serta fasilitas industri kita yang membuat udara menjadi kotor. Kendaraan bermotor adalah sumber polusi udara paling besar, dan di beberapa Negara Asia seperti India, Cina, Indonesia di kota-kota besarnya tercipta suatu kondisi pencemaran udara yang luar biasa dan tak terkendali yang dihasilkan oleh kendaran bermotor.
Polusi Udara mempunyai efek yang benar-benar negatif terhadap lingkungan kita, dan efek negatif yang paling jelas nyata adalah efek negatif terhadap kesehatan kita. Menurut World Health Organization (WHO) 2.4 juta orang meninggal setiap tahun akibat gangguan kesehatan yang dapat dikaitkan dengan polusi udara, sebagian besar adalah berbagai macam penyakit pernapasan, dan sebagian dari gangguan jantung.
Polusi Udara juga mempunyai dampak negatif terhadap perubahan iklim, emisi/paparan zat berbahaya tidak hanya mencemari udara yang hirup tetapi lebih jauh juga berdampak pada munculnya efek rumah kaca, yang mengakibatkan peningkatan temperatur rata-rata di planet kita. Semakin banyak kendaraan bermotor dan semakin banyak industri yang menjadi sumber pencemaran udara maka berarti lebih banyak juga akibat yang ditimbulkan yang mengarah pada Pemanasan Global (Global Warming).
Polusi Udara tidak hanya bisa memberi efek negatif terhadap perubahan iklim, ia juga memberi dampak negatif terhadap lapisan ozon, menyusutkan lapisan ozon kita, membuatnya semakin tipis, sehingga membuka pintu masuk untuk sinar ultraviolet berbahaya, dan meningkatkan resiko berkembangnya kanker kulit. Hujan Asam adalah efek negatif lain polusi udara terhadap lingkungan kita. Hujan Asam merusak habitat dari banyak satwa, mengotori air dengan cara mempengaruhi kadar keasaman mereka, dan secara umum melakukan kerusakan besar kepada banyak ekosistem.
Kini setelah kita tahu dampak buruk yang timbul akibat polusi udara, maka yang menjadi pertanyaan adalah apa yang akan kita lakukan untuk setidaknya menguranginya serta membuat bumi menjadi tempat tinggal yang lebih baik dan udara yang kita hirup menjadi lebih bersih. Mungkin kita dapat membantu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau bagi yang menggunakan mobil pikirkanlah untuk beralih ke jenis mobil hybrid lalu kita dapat mulai menggunakan sumber energy yang ramah lingkungan seperti angin, matahari, geothermal (panas bumi) dan mengurangi penggunaan energy yang berasal dari bahan bakar fosil (fossil fuel) seperti batubara dan bahan bakar minyak (bbm). Kini kita hanya bias berharap bahwa setiap orang akan sadar untuk lebih memperhatikan lingkungan serta berbuat hal-hal kecil yang dapat membantu menjadikan lingkungan kita menjadi lebih baik, dan kita pun berharap agar pemerintah ikut peduli dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan serta program-program yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup kita serta mengurangi atau bahkan menghentikan eksplorasi yang menghancurkan ekosistem kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar